Selamat datang di Sajak Sahabat, Sebuah Coretan Kecil Tentang Mimpi dan Kehidupan

Thursday 22 March 2012

PUISI

21 Maret ditetapkan UNESCO sebagai Hari Puisi Sedunia, yuukkk kita liat Apa sih Puisi itu?

Definisi dan Penjelasan Singkat Tentang Puisi

Puisi berasal dari kata "poesies" dalam bahasa Yunani, yang artinya membuat atau menciptakan.
Puisi, secara bahasa dapat diartikan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, dan penyususnan bait serta larik. Puisi kerap dugunakan sebagai perwujudan segala imajinasi manusia yang menjadi sumber kreativitas. Puisi juga sebagai isi curahan hati yang membawa pembaca menuju keadaan perasaan penulis.
Puisi sebagai sebuah karya sastra memiliki hubungan erat antara penulis dengan latar belakang penciptaannya, seperti peristiwa perang, filsafat, agama, budaya dsb. Sebagai contoh seorang penyair dan pegawai kerajaan bernama Yulogk dalam teologi Minjung, mengeluarkan kepedihan hatinya setelah melihat rakyat Korea disiksa seiring berkembangnya ajaran konfusius. Dalam, puisinya, ia menulis "saya akan sukarela menerima hukuman apapun yang akan saya sandang, akan lebih mudah bagi saya mati kelaparan diantara lubang batu karang daripada melihat rakyat mati tanpa suara."
Puisi sering ditulis dalam bentuk yang beragam, seperti melingkar, miring, lurus dan terkadang hanya terdiri dari beberapa kata yang diulang ulang sehingga sulit dimengerti, hal ini juga sebagai cara penulis menuangkan imajinasinya.

Penulis Puisi di Indonesia

Sepanjang sejarah perjalanan kesastraan Indonesia, banyak nama nama penulis puisi yang melegenda, contahnya adalah Taufik Ismail, beliau lahir pada tangal 25 Juni 1935 di Sumatera Barat. Selama hidupnya beliau banyak berkecimpung di dunia pendidikan dan jurnalis. beberapa karyanya yang terkenal antara lain Tirani, Malu Aku Jadi Orang Indonesia, Puisi Langit, Benteng dan lain lain.
Penulis puisi terkenal lainnya adalah W. S. Rendra, lahir di Solo pada 7 Juni 1935. Puisi – puisi karyanya sudah banyak menghiasi majalah sekitar tahun 50-an. Ia juga mendirikan Bengkel Teater yang merupakan tempat menyalurkan berbagai bakat seni terutama dalam penulisan puisi dan teater. Karya-karyanya yang terkenal antara lain Sajak-Sajak Sepatu Tua, Ballada Orang Oorang Tercinta, Potret Pembangunan Dalam Puisi dan lain lain.
Masih banyak lagi penulis penulis puisi terkenal, seperti Chairil Anwar, Sapardi Djoko Darmono, Sutardji Calzoum Bachri, Asrul Sani dan masih banyak lagi. mereka telah membuat dunia sastra Indonesia menjadi beragam dan berwarna.

Demikian sedikit ulasan singkat mengenai Puisi, semoga sedikit banyak dapat menambah wawawasan kita sebagai penikmat dan pecinta seni, Selamat Hari Puisi Sedunia :)

- 21 Maret 2012 -
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...